SMK Ma'arif Sudimoro

Jl. Raya Sudimoro No. 10 Sudimoro

Berkualitas dan Berprestasi

Workshop Literasi Digital dalam Rangka Melestarikan Budaya Literasi di Indonesia

Selasa, 29 Oktober 2019 ~ Oleh OSIS SMK MAARIF SUDIMORO ~ Dilihat 107 Kali

Sabtu, 26 Oktober 2019 OSIS SMK Ma’arif Sudimoro mengadakan Workshop Literasi Digital sebagai sarana dalam melestarikan budaya literasi di Indonesia. Peserta kegiatan ini adalah dari anggota pengurus OSIS SMK Ma’arif Sudimoro, bapak dan ibu dewan guru, perwakilan GP ANSOR Kecamatan Sudimoro, dan Ketua OSIS SMP/MTs se - Kecamatan Sudimoro. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung SMK Ma’arif Sudimoro dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembukaannya oleh Kepala SMK Ma’arif Sudimoro yakni Bpk. Miswanto, S.Kom. Dari pidato pembukaannya beliau menyampaikan bahwa sebagai generasi millenial, kita dituntut harus senantiasa membudayakan literasi contohnya banyak membaca buku dan dituangkan melalui artikel-artikel ilmiah maupun karya tulis lainnya.
Tema dari workshop kali ini adalah menulis artikel dan publikasi online dengan sasaran agar siswa SMK Ma’arif Sudimoro dapat memanfaatkan era digital tak hanya sebagai sumber informasi dan pengetahuan tetapi juga sebagai sarana belajar dan menggali potensi dalam bidang literasi dan teknologi modern. Karena pada zaman yang serba canggih ini, kita dituntut harus bisa berkembang dalam bidang teknologi dan informasi.
Dalam acara tersebut, dihadiri oleh beberapa pemateri baik dari dalam maupun luar SMK Ma’arif Sudimoro. Pemateri yang pertama adalah Bpk. Sugiyono, S.Pd, M.Pd, beliau adalah Dosen STKIP PGRI Pacitan. Dalam hal ini disampaikan mengenai pemanfaatan peralatan digital melalui dunia literasi. Karena begitu dekatnya dunia nyata dengan dunia maya dan begitu pentingnya literasi bagi pendidikan dalam negeri bahkan luar negeri.
Untuk pemateri yang kedua adalah Bpk. Nur Rohmat, S.Pd materi yang disampaikan adalah cara pembuatan website dan tata kelola online. Beliau adalah pimpinan redaksi INSTINK pada tahun 2011. Dalam hal ini, beliau sangat menekankan kreativitas dan pemanfaatan teknologi digital di era modern sekarang. Dan juga diharapkan bahwa nantinya karya yang telah di buat oleh siswa SMK Ma’arif Sudimoro bisa berkembang tak hanya dalam lingkup sekolah tapi juga masyarakat umum khususnya pengguna teknologi digital.
Dan tak lupa juga dihadiri oleh seorang motivator yakni Ibu Hika Anggraini, S.Pd, beliau adalah guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris dan beliaulah pertama kali pencetus adanya organisasi INSTINK sebagai wadah bagi siswa dalam menuangkan bakat literasinya baik secara tertulis maupun online. Bu Hika mengatakan, “Bahwa di era modern seperti saat ini, menulis dapat dijadikan sebagai mata pencaharian alternatif dan juga dapat menuangkan emosi tanpa harus berupa tindakan”.
Dan harapan kami, semoga INSTINK yang telah didirikan dan dikembangkan oleh siswa SMK M’arif Sudimoro ini nantinya tak hanya sebagai media tulis tapi juga bisa menghasilkan konten-konten kreatif dan mendidik contohnya pembuatan reportase kegiatan dan unjuk kebolehan dalam hal pemanfaatan media Youtube. (Sri Lestari)

 

KOMENTAR

Mahmud - Selasa, 29 Oktober 2019

Jossssss

Nanang Fuad - Selasa, 29 Oktober 2019

Semoga sukses dan selalu berkembang

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Miswanto, S.Kom.

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh. Puji syukur kita panjatkan Kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nyalah SMK Ma’arif Sudimoro, Pacitan telah menyelesaikan perbaikan…

Selengkapnya